Mobil Favorit Yang Jadi Incaran Maling – Perkembangan teknologi khususnya pada mobil-mobil modern saat ini semakin komplek, termasuk dalam hal keamanan. Dampak dari hal tersebut adalah angka pencurian mobil dapat ditekan, namun efeknya berimbas kepada meningkatnya pencurian mobil produksi tahun lawas.

Menurut penelitian yang dilakukan Hot Wheels berdasarkan dari data National Insurance Crime Bureau (NICB) di Amerika Serikat, terdapat peningkatan signifikan pada kasus pencurian mobil untuk tahun produksi 1990-an. Seperti pada tahun 2016 lalu, Honda Accord menjadi model terlaris yang sering dicuri dengan jumlah hinnga mencapai 50.427 unit.

Mobil Favorit Yang Jadi Incaran Maling

Dari angka tersebut, 1.527 unit berasal dari Accord buatan tahun 1997. Sedangkan posisi kedua ditempati saudaranya, yakni Honda Civic dengan jumlah 49.547 unit dan 7.578 unit diantaranya merupakan buatan tahun 1998.

Urutan ketiga dikuasai oleh pick-up merk Ford dengan jumlah 32,721 unit dan disusul oleh pick-up merk Chevrolet sebanyak 31.238 unit. Sementara untuk Toyota Camry menempati urutan kelima dalam daftar pencurian mobil terbanyak dengan jumlah mencapai 16.732 unit.

Meski berada pada urutan kelima, yang menarik dari hal ini adalah dari angka 16.732 unit Camry yang dicuri, 1.113 diantaranya merupakan model yang sudah masuk kategori modern dengan tahun pembuatan 2016. Jumlah itu pun mengantarkan Toyota menempati posisi teratas di daftar pencurian mobil favorit tahun 2016, mengalahkan Nissan Altima, Toyota Corolla, Dodge Charger, dan juga Ford Fusion.

Secara keseluruhan, total pencurian mobil di Amerika Serikat sendiri diklaim mengalami tren positif yang terus berkembang. Sepanjang 2016 saja tercatat ada 757.850 unit mobil yang dicuri, jumlah tersebut naik dibandingkan data pada tahun 2015 yang hanya 707.758 kejadian kasus pencurian.

“Sistem anti-pencurian pada mobil dan truk model baru sudah cukup bagus, namun tidak akan bekerja maksimal bila tidak digunakan. Banyak sekali kasus pencurian mobil yang dikarenakan oleh kecerobohan dari para pemiliknya, seperti membiarkan pintu terbuka atau lupa mengunci,” ucap Presiden dan CEO NICB Joe Wehrle dikutip dari Motor1.

NICB sendiri sudah mulai melakukan penyaringan data pencurian mobil di Amerika Serikat sejak 1960. Saat itu jumlahnya masih kecil, yakni 328.200 unit.

Mobil Favorit Yang Jadi Incaran Maling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *