Tips Dan Trik Cek Kondisi Rem Mobil Setelah Terjang Banjir – Kondisi cuaca pada musim hujan memang cenderung merepotkan pengguna jalan raya. Terutama ketika jalanan tergenang air atau banjir, terkadang kita harus menerobos genangan tersebut yang dapat membuat munculnya peluang rusaknya komponen kendaraan. Bagian yang paling riskan diserang problem atau rusak saat menerobos banjir yakni komponen rem. Hal seperti ini dikarenakan saat hujan maupun banjir, rem mobil riskan tersiram dan terendam air.

Menurut mekanik serta orang yang mengerti tentang komponen mobil, persoalan dan kerusakan pada rem seperti itu sering dialami ketika pada musim hujan. Hal seperti ini karena pengendara kurang tahu dan kurang perduli dengan adanya hal yang tidak wajar pada rem mereka setelah terendam atau tersiram air. Tidak ada perawatan khusus, hal seperti ini akan membahayakan pengguna jalan. Jika ditinggalkan, perbaikan kelak akan menjadi semakin memakan banyak biaya, jadi anda butuh tahu bagaimana caranya cek kondisi rem mobil setelah melewati banjir, supaya rem mobil anda tidak mengalami kerusakan yang lebih kronis.

Tips Dan Trik Cek Kondisi Rem Mobil Setelah Terjang Banjir

Setelah menerobos banjir, atau genangan air, anda sebaiknya mewaspadai sebagian kerusakan kecil pada komponen rem anda. Beberapa hal yang dapat ditangani setelah mobil digunakan menerobos banjir salah satunya yakni sebagai berikut.

Mobil Dengan Rem Tromol/Drum

Rem tromol biasanya digunakan pada rem roda belakang. Setelah menerobos banjir, air dapat masuk ke sela-sela drum dan menggenang di dalamnya. Lalu jika mobil diparkir selama beberapa hari tanpa berjalan, genangan itu tidak bisa keluar yang akan menyebabkan karat dan korosi dibagian dalam rem tromol mobil.

Untuk mendeteksi ada masalah akibat genangan air pada rem tromol, langkah cek keadaan rem mobil stelah melalui banjir yaitu dengan ada bunyi-bunyi decitan kecil saat anda mengerem. Coba senantiasa jalan dengan kecepatan normal dan senantiasa memperhatikan decitan itu hingga benar-benar hilang. Apabila anda merasa rem belum juga kembali normal, jauhi parkir untuk waktu yang lama dan penggunaan rem parkir. Kemudian, periksakan rem mobil anda ke bengkel terdekat untuk selekasnya dibongkar dan dibersihkan.

Mobil Dengan Rem Cakram

Untuk mobil dengan rem tipe cakram, cukup mudah untuk mengatasinya. Setelah menerjang banjir atau genangan air, jadi selekasnya bersihkan cakram dengan semprotan air bertekanan tinggi, seperti semprot dengan selang atau selekasnya bersihkan di pencucian mobil. Dengan hal itu, air kotor yang dapat menyebabkan cakram berkarat dan pad terkikis dapat hilang.

Untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi ABS, menerjang banjir dapat menyebabkan problem sensor untuk membaca kondisi rem. Dalam keadaan ini, lampu tanda senantiasa menyala atau berkedip untuk memberitahukan bila ABS tidak jalan seperti seharusnya. Selekasnya bawa ke bengkel resmi untuk menyelesaikan persoalan ini.

Yang perlu diperhatikan setelah mobil melewati genangan air atau banjir yaitu jangan sampai mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi. Jalan secara perlahan sembari sedikit mengerem agar kampas rem kering dan dapat bekerja dengan normal lebih dahulu. Sekian Tips Dan Trik Mengetahui Kondisi Rem Mobil Setelah Terjang Banjir semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda, dan selalu berhati hati saat berkendara. Terima Kasih.

Tips Dan Trik Cek Kondisi Rem Mobil Setelah Terjang Banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *