Tips Dan Trik Ketika Mesin Mobil Overheat – Overheat, masalah satu ini memanglah masalah yang mungkin terjadi di negara kita yang beriklim tropis, terlebih jika sedang memasuki musim kemarau seperti sekarang ini. Mesin mobil overheat yakni kondisi dimana suhu mesin yang sudah dalam posisi yang sangat tinggi jauh di atas suhu maksimum mesin. Ketika berkendara, anda bisa memonitor kondisi suhu mesin lewat jarum penunjuk yang ada pada panel speedometer. Bila jarum senantiasa bergerak menuju huruf H, berarti suhu mobil semakin bertambah panas. sebaiknya anda berhenti sebentar dan mendinginkan suhu mesin mobil anda ketika mulai terlihat sinyal tanda mesin mobil akan overheat.

Apabila mobil sampai overheat atau mengalami panas berlebih, atau posisi jarum sampai ke titik H, berarti ada yang salah pada sistem pendinginan mesin mobil anda. Biasanya ditandai juga dengan air radiator atau air pada tabung reservoir mendidih saat mobil dimatikan. Namun sebagai langkah awal mengatasi mesin mobil overheat, anda dapat membaca Tips Dan Trik Ketika Mesin Overheat berikut ini.

Tips Dan Trik Ketika Mesin Mobil Overheat

Cek Komponen Pada Selang Radiator

Apabila anda bertanya – tanya kenapa mesin mobil overheat, mungkin sekarang saatnya untuk mencari pemicunya. Dugaan awal tentu merujuk ke rusaknya sistem pendinginan pada mesin. Satu di antara hal yang sering jadi pemicu mesin mobil overheat yaitu karena air radiator yang mendadak habis. Hal seperti ini umumnya karena adanya kebocoran pada komponen selang radiator. Apabila ini problemnya, alangkah baiknya jika anda sesegera mungkin mengganti selang radiator dengan yang baru. Namun apabila anda sedang dalam perjalanan, anda dapat menutup kebocoran itu dengan menggunakan ban bekas yang ditempelkan ke lubang kebocoran menggunakan lem karet tahan panas. Pastikan juga klem pengunci ujung selang terpasang kuat dan tidak mengakibatkan air rembes keluar.

Cek Kondisi Thermostat

Thermostat yakni komponen yang mengatur siklus masuknya air pendingin dari radiator ke dalam blok mesin mobil. Bila suhu kerja mesin sudah mencapai titik tertinggi yang dapat diterima (umumya 80 – 90 derajat), thermostat akan secara otomatis membuka katup sehingga air dari radiator akan masuk mendinginkan mesin. Kerusakan pada thermostat akan membuat siklus pendinginan air ini jadi tidak lancar, sehingga ketika mesin mencapai suhu yang mulai tinggi, tidak ada air yang mengalir ke blok mesin untuk menurunkan suhunya inilah yang menyebabkan terjadinya panas berlebih pada mesin mobil.

Untuk menguji kondisi thermostat, anda bisa merendamnya dengan menggunakan air panas yang hampir mendidih. Apabila saat dimasukkan ke air dia terbuka, jadi thermostat itu dalam kondisi berfungsi dengan baik. Namun apabila tidak terjadi apa – apa, berarti anda harus menggantinya dengan yang baru.

Selalu Bersihkan Radiator Secara Rutin

Bagian dalam dari radiator yang kotor akan buat aliran air di dalamnya jadi tidak lancar. Sehingga membuat aliran air yang keluar masuk juga akan terhambat. Untuk membersihkan radiator, anda bisa pergi ke tukang service radiator atau bisa juga dengan menggunakan cairan khusus untuk bersihkan bagian dalam radiator. Dengan cairan itu, kotoran yang menempel dan mempersempit arus air akan rontok dan dapat dibuang sampai radiator jadi bersih.

Cek Pompa Air Radiator (Waterpump)

Umumnya, kerusakan pada pompa air radiator ini disebabkan karena paking karet yang getas atau pecah dan harus diganti. Namun tidak menutup kemungkinan jika pompa airnya sendiri yang rusak. Untuk mengujinya, anda dapat memutar pulley dengan tangan, namun lebih dahulu lepas belt agar terasa lebih ringan. Apabila kemudian anda merasakan pulley goyang dan berat, jadi sudah bisa dipastikan jika pompa air radiator mobil anda sudah rusak dan harus selekasnya diganti.

Kondisi Ruang Bakar Yang Penuh Kerak

Ketika anda sudah melakukan pengecekan terhadap sistem pendinginan mesin mobil anda, mulai dari radiator hingga ke waterpump atau pompa air radiator. Faktor lain yang bisa memicu terjadinya mesin mobil overheat adalah kerak yang menumpuk pada ruang bakar. kerak tersebut akan menjadi bara ketika mesin mobil bekerja, dan bara inilah yang menyebabkan bertambah panasnya suhu mesin mobil anda. Sebagai solusi anda harus membersihkan ruang bakar pada mesin mobil anda.

Menambah Kipas Elektrik Di Bagian Depan Radiator

Salah satu yang paling ampuh ketika mobil anda mengalami overheat adalah dengan menambahkan alat pendingin tambahan untuk membantu mempercepat pendinginan pada mesin mobil anda. Caranya yaitu dengan menambahkan kipas pendingin radiator di bagian depan radiator, dengan posisi menghadap ke radiator. Fungsinya yaitu untuk menambah hisapan angin dari luar yang masuk ke dalam ruang mesin, sehingga udara panas yang ada di dalam ruang mesin tidak mempengaruhi suhu mesin menjadi lebih tinggi, dan cepat terbuang.

Sekian beberapa pemicu serta Tips Dan Trik Mengatasi Mesin Mobil Overheat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Tips Dan Trik Ketika Mesin Mobil Overheat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *