Tips Dan Trik Mengetahui AC Mobil Rusak Atau Bermasalah – Air Conditoning pada mobil atau lebih akrab disebut AC mobil mungkin saja sudah jadi satu di antara fitur paling penting untuk mobil. Hadirnya AC akan membantu menambah kenyamanan kita berkendara dalam semua kondisi cuaca. Oleh karena itu, perawatan AC secara berkala merupakan hal paling utama untuk dilakukan, agar AC mobil dapat selalu pada kondisi yang prima.

Namun sayangnya, banyak pemilik kendaraan yang beranggapan perawatan AC adalah hal yang tidak terlalu penting. Penyebab, Tanda AC mobil mulai rusak atau sebelum kerusakan AC mobil anda semakin kronis, ada baiknya jika anda bisa mengenali beberapa gejala atau sinyal tanda AC mobil anda mulai rusak dan bermasalah.

Tips Dan Trik Mengetahui AC Mobil Rusak Atau Bermasalah

Apabila AC mobil dalam kondisi baru, tentu kekuatannya juga dalam kondisi yang terbaik dan bisa memenuhi keperluan anda. Namun semakin lama jika tidak ada perawatan yang memadai, performa AC akan terasa mengalami penurunan. Hal seperti itu dapat di rasa dari suhu atau tingkat dingin yang ada dalam kabin mulai kurang terasa. Apabila hal tersebut terjadi itu adalah Gejala AC Mobil Rusak, Dan Langkah Mengatasinya adalah dengan perhatikan bagian – bagian ini.

Cek Kondisi Filter AC

Filter AC umumnya ada di balik dashboard mobil dan tersembunyi yang seringkali lolos dari perhatian akan komponen AC yang satu ini. Manfaat dari filter AC sendiri yaitu untuk menyaring debu dari karpet dan udara yang kemudian akan dihisap oleh blower AC. Apabila sudah kotor, udara yang melewati filter juga semakin berkurang. Pastikan komponen ini selalu dalam kondisi yang bersih. Umumnya, pengecekan dan penggantian filter AC dilakukan setiap 5 ribu km.

Kondensor AC Yang Kotor atau Rusak

Kondensor AC mobil biasanya ada dibagian depan mobil. Karena letaknya yang berada di bagian paling depan mobil, kondensor demikian riskan kotor terkena air, debu atau kotoran di jalan. Cobalah untuk membersihkannya dengan air bertekanan tinggi agar kotoran yang menempel dapat terlepas. Pastikan juga tidak ada bagian sirip kondensor yang tertekuk terutama apabila sampai bocor atau patah.

Kualitas Kaca Film Kurang Baik

Kaca film memiliki peranan yang paling utama membuat suhu kabin selalu stabil. Apabila anda merasa AC mobil dalam kondisi baik tapi udara dalam kabin tidak bisa dingin, mungkin saja teknologi dan kualitas lem pada kaca film yang anda gunakan tidak dalam kondisi yang bagus.

Tanda AC mobil mulai rusak atau bermasalah yang ke-2 yaitu ada asap putih yang keluar dari lubang atau kisi-kisi AC. Hal seperti ini umumnya disebabkan karena evaporator AC mengalami pembekuan akibat kerusakan pada thermostat AC yang senantiasa membuat kompresor bekerja walau suhu pada evaporator sudah tercukupi.

Penyebab, evaporator membeku dan mengeluarkan asap putih. Apabila evaporator dalam kondisi kotor karna saluran AC tidak menggunakan filter, atau filter AC sudah kotor dan rusak, jadi evaporator riskan untuk rusak atau bocor.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat membersihkan evaporator di bengkel spesialis AC mobil yang terpercaya. Apabila anda alami hal seperti ini saat tengah dalam perjalanan, manfaatkanlah heater agar es di evaporator dapat mencair. Apabila AC mobil anda tidak dilengkapi heater, turunkan saja suhu ruangan jangan sampai gunakan suhu paling dingin, atau yang lebih baik anda bisa mematikan AC mobil sebentar. Itulah Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin yang dapat saya tuliskan, Semoga dapat bermanfaat bagi anda Terima kasih.

Tips Dan Trik Mengetahui AC Mobil Rusak Atau Bermasalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *